• Breaking News

    Sunday, January 29, 2017

    Fakta-Fakta Benua Eropa Yang Pasti Belum Agan Tau

    Fakta-Fakta Benua Eropa Yang Pasti Belum Agan Tau

    -------------------------------------------------------------------------------------
    Apa yang agan pikirkan ketika mendengar kata "Eropa" ?

    Maju? Bersih? Rapi? Sejahtera?

    Mungkin pengetahuan kita tentang Eropa masih terbatas.

    Maka dari itu, ane persembahkan artikel ini untuk menambah wawasan kita semua.

    Selamat membaca gan.



    Arti Kata "Eropa"


    Eropa atau Europe diambil dari dua kata latin yakni "eurys" (lebar) dan "op" (muka) yang jika diartikan secara bahasa menjadi "muka lebar". Nama tersebut mengacu pada bentuk wilayah Eropa yang melebar. Namun beberapa orang juga menganggap nama Eropa diambil dari nama puteri "Europa" dalam mitologi Yunani.


    Benua Paling Kecil Tapi Paling Maju


    Wilayah utama Benua Eropa tidak mencakup seluruh wilayah Rusia dan Turki karena sebagian wilayah dari kedua negara tersebut berada di dalam teritori ekstra eurasia. Jika mengacu pada perhitungan tersebut, maka Eropa termasuk ke dalam benua paling kecil di dunia. Namun demikian, berdasarkan estimasi GDP, indeks keamanan, dan anti-korupsi, Benua Eropa jauh lebih maju dibanding benua-benua lain yang ukurannya relatif lebih besar seperti Asia, Australia, Afrika, ataupun Amerika.


    Wilayah Rusia Lebih Besar Dari Benua Eropa


    Rusia adalah salah satu negara di Benua Eropa, namun wilayah kekuasaan Rusia justru lebih luas daripada wilayah Eropa itu sendiri. Hal ini disebabkan oleh sebagian besar wilayah Rusia berada di dalam teritori ekstra Eurasia yang membentang begitu luas di perbatasan utara Asia Timur Raya.


    Lebar Eropa Hampir Sama Dengan Lebar Indonesia


    Jika mengacu pada teritori murni Eropa tanpa memasukkan wilayah Rusia dan Turki yang termasuk ke dalam teritori ekstra Eurasia, maka lebar benua Eropa dari Portugal sampai Kazakhstan hampir sama dengan lebar Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Namun dalam lebar yang hampir sama itu, ada sekitar 50 negara dari Portugal sampai Kazakhstan, sementara hanya ada 1 negara dari Sabang sampai Merauke.


    Penduduk Eropa Lebih Sedikit Dibanding Cina/India


    Walau Eropa merupakan sebuah Benua, namun penduduk di seluruh penjuru benua tersebut hanya mencapai 740 juta jiwa, lebih sedikit daripada penduduk Cina dan India yang sama-sama mencapai 1 miliar jiwa lebih.


    Secara Teknis, Sebenarnya Eropa Bukan Benua


    Para ahli sepakat bahwa sebenarnya secara teknis geografi, Eropa bukanlah sebuah benua melainkan satu wilayah yang termasuk ke dalam Benua Asia. Namun karena sejarah panjang masyarakat Eropa sejak zaman Yunani Kuno membuat peradaban Eropa terpisah secara budaya dengan peradaban Asia sehingga istilah Eropa mulai digunakan untuk memisahkan antara Eropa dan Asia.


    Negara Tertua di Eropa Adalah San Marino


    Negara tertua di Eropa adalah San Marino yang merdeka dari Kerajaan Romawi pada tanggal 3 September tahun 301 dan masih bertahan sampai sekarang, tahun 2017. Hitung sendiri saja, tahun ini mereka merayakan hari kemerdekaan yang keberapa ?


    Negara Terbesar di Eropa Adalah Ukraina/Rusia


    Jika hanya mengacu pada wilayah murni Eropa, maka negara terbesar di Eropa adalah Ukraina dengan luas 603.500 km2. Namun jika menyertakan Rusia, maka Rusia menjadi negara terbesar dengan luas 17.075.200 km2 (28 kali lipat lebih luas dibanding Ukraina).


    Negara Terkecil di Eropa Adalah Vatikan


    Sementara negara terkecil di Eropa adalah Daerah Khusus Vatikan dengan luas hanya 0.44 km2, 400 kali lipat lebih kecil daripada Bekasi yang memiliki luas 210.49 km2.


    Gunung Tertinggi di Eropa Adalah Gunung Elbrus


    Gunung Elbrus yang terletak di Rusia dengan ketinggian 5.642 meter, lebih tinggi daripada gunung tertinggi di Indonesia yakni Puncak Jaya yang hanya memiliki ketinggian sekitar 4.884 meter.


    Danau Terbesar di Eropa Adalah Danau Ladoga


    Danau Ladoga masih terletak di Rusi dengan luas sekitar 17.700 km2 dan merupakan danau ke-14 terbesar di dunia, jauh lebih besar dibanding Danau Toba yang hanya memiliki luas 1.130 km2, sekitar 17 kali lipat lebih kecil daripada Danau Ladoga.

    No comments:

    Post a Comment

    Sport

    Teknologi

    Travel