• Breaking News

    Sunday, January 29, 2017

    Ada Fakta Menarik Dibalik Serunya Laga El Clasico Lho Gan

    Ini bukan sekedar adu kuat CR7 dengan Messi, adu banyak memenangkan trophy atau siapa yang unggul dalam head to head. Lebih dari itu, ada fakta unik yang tersembunyi dari rivalitas Real Madrid & Barcelona



    Semua itu berawal dari 13 Mei 1902
    Tak ada yang menyangkal jika laga El Clasico merupakan laga yang paling sakral, sarat akan gengsi dan paling dinanti-nanti oleh mayarakat dunia, bahkan bagi yang tidak begitu menyukai sepakbola sekalipun. Benar? Kalau di bedah bener-bener nih Gan, El Classico itu bukan sekedar pertandingan dua klub besar sepakbola aja lho.. Layaknya sebuah film, dalam laga ini terdapat sejarah yang tak hanya berisikan unsur olahraga, tapi juga budaya dan politik yang penuh dengan drama serta intrik.
    Gak percaya? Nah melalui artikel ini Ane bakal membuktikan itu semua, yuk simak Gans!

    Sejarah Madrid dan Barcelona, Pemerintahan Vs Perlawanan

    Seperti yang Ane bilang diawal, laga el clasico itu tak hanya sekedar pertandingan sepakbola aja Gan. Did u know? Jauh sebelum itu lahirnya rivalitas keduanya ada di tanggal 13 Mei 1902, saat dimana pemerintahan Spanyol yang dikabarkan memberikan perlakuan yang sangat buruk terhadap wilayah Catalonia karena terus menerus membangkang dan tak henti-hentinya berupaya memisahkan diri dari negara Spanyol. Katanya sih yang Ane baca dari beberapa sumber, itu terjadi karena sebagian Catalonia merasa tak pernah menjadi bagian dari negara Spanyol, bahkan saat itu pemerintahan Spanyol benar-benar memberangus hal apapun yang berkaitan tentang catalonia, mulai dari melarang penggunaan bahasa hingga budaya dari Catalonia.

    Seperti yang diketahui pada masa lalu, Real Madrid seperti bagian dari simbol dari pemerintahan, sedangkan Catalonia/Barcelona seperti cerminan dari perjuangan social-politik kaum tertindas dan wilayah terpinggirkan di sebuah wilayah kekuasaan yang bernama kerajaan Spanyol.
    Sejarah itu bahkan masih menular sampai sekarang ini lho Gan, liat deh sampai saat ini, kadang pada laga el clasico yang di gelar di Camp Nou (Kandang Barca) selalu hadir spanduk bertuliskan “Catalonia Is Not Spain”. Tapi ironisnya, percaya gak? Sebenernya Real Madrid itu dibentuk oleh dua orang yang berasal dari Catalonia lhoo.


    Pemain yang Rajin Mencetak Gol dalam El Clasico

    El Clasico adalah partai yang bertabur bintang dan penuh dengan tensi yang tinggi, itulah sebabnya bukan hal yang mudah untuk mencetak gol dalam partai ini. Tak hanya skill yang diiatas rata-rata saja, dalam partai ini mental juga berbicara dan nyatanya keberuntungan juga acapkali turut menjadi faktor penting untuk mencetak gol lho Gan. Dan untuk urusan mencetak gol, ikon sepakbola modern Lionel Messi menjadi pemain yang paling sering mencetak gol pada laga El Clasico dengan torehan 25 gol.

    El Clasico Partai Mahal Gan

    Seperti yang diketahui jika Real Madrid selalu menggelontorkan dana fantastis untuk belanja pemain bintang demi memperkuat squadnya. Begitu juga dengan Barcelona, meski tak se”gila” Real Madrid, tim Catalan ini juga tergolong klub yang total menggelontorkan dana untuk membeli pemain incarannya, sebut saja Neymar, Ibrahimovic atau Suarez, semuanya dibeli dengan dana yang tidak sedikit lho Gan. 

    Dengan kombinasi dari dua klub raksasa ini gak heran kalau laga El Clasico merupakan partai yang sangat mahal nan maha kaya, totalnya mencapai 1 miliar dolar AS atau setara Rp13,3 triliun Gan!

    Skor Terbesar dalam El Clasico

    Masih segar dalam ingatan kita pada tahun 2010 Real Madrid yang diasuh oleh The Special One Jose Morinho dicukur habis 5 gol tanpa balas oleh pasukan Catalan yang saat itu masih di komandoi oleh Pep Guardiola. Tapi tau gak Gan? nyatanya skor 5 gol tanpa balas itu bukanlah skor terbesar sepanjang sejarah laga El Clasico, laga itu hanya menjadi yang terbesar sejak 15 tahun terakhir, karna skor yang sama pernah terjadi pada tahun 1995 yang mana Real Madrid jadi pemenangnya. Dan skor terbesar sepanjang sejarah terjadi pada tahun 1943 tepatnya Pada tanggal 13 Juni yang mana saat itu Real Madrid menghajar Barcelona 11-1 dalam ajang Copa Del Rey. Sebuah skor yang tampaknya mustahil terjadi saat ini. Hehehe


    El Clasico, Partai yang Paling Banyak Ditonton Masyarakat Dunia

    Setelah bermain imbang pada awal Desember tahun lalu, El Clasico jilid kedua pada musim 2016/2017 akan digelar pada tanggal 23 April di kandang Real Madrid, Santiago Bernabeu. Bagi Agan yang berniat menonton langsung ke sana, nih Ane kasih tips bagi Agan yang ingin menjadi saksi langsung laga maha hebat seantero dunia dengan membeli tiket pertandingan di StubHub.
    Gimana pandangan Ane perihal yang menarik dari laga akbar El Clasico? Setuju kah Agan-agan? Agan juga bisa beri tambahan kok
    Jadi, Real Madrid apa Barcelona?

    No comments:

    Post a Comment

    Sport

    Teknologi

    Travel