• Breaking News

    Tuesday, January 24, 2017

    Yuk Kenali Jenis Warna yang Ada di Biji Kopi


    Pada umumnya orang mengenali warna biji kopi sebagai coklat. Ternyata ada perbedaan warna level yang biasa disebut dengan profile roast atau agtron. Apakah kamu pernah menyadari perbedaan warna yang terdapat di biji kopi dan apakah ada perbedaan nya? Dan apa bedanya hanya merupakan fisik biji nya saja? Mari kita simak jenis profile roast yang terdapat di biji kopi



    1. Green Bean


    Green bean merupakan kopi mentah yang belum di sangrai / roasting, manfaat lain yang terdapat di green bean sebagai menurunkan berat badan. Bentuk kemasan yang beredar di pasaran bermacam-macam seperti bubuk, bungkus seperti teh celup, kapsul, dll.


    2. Light Roast

    Kopi yang di sangrai dengan profil light (muda) umumnya memiliki tingkat asam yang tinggi, dengan tingkat Body yang rendah. Proses sangrai kopi light roast berhenti pada saat awal mula first krack. Warna kopi yang terdapat pada light roast pada umumnya coklat muda. Biasanya kopi ini dipakai untuk manual brew seperti (V60, French Press, Pour Over, dll)


    3. Medium Roast


    Berbeda dengan light roast, medium roast memiliki tingkat asam, body, dan aroma yang lebih seimbang. Medium roast memiliki tingkat sweetness yang lebih tinggi dibanding dengan light roast. Proses sangrai medium roast berhenti pada saat first krack berhenti. Karakter warna kopi ini adalah coklat tua. Kopi ini juga biasa dipakai untuk manual brew, namun ada beberapa coffeeshop yang menggunakan medium roast sebagai espresso nya. Karena tidak ada standar umum dalam kopi, setiap orang memiliki kebebasan untuk berkreatifitas.


    4. Dark Roast


    Yang terakhir adalah dark roast, kopi dengan jenis sangrai seperti ini biasanya dipakai untuk espresso. Permukaan biji kopi bagian luar oily (berminyak). Karakter dark roast smoky, tingkat body tinggi dan keasaman rendah. Proses dark roast berhenti pada saat second krack.

    No comments:

    Post a Comment

    Sport

    Teknologi

    Travel