• Breaking News

    Tuesday, February 7, 2017

    5 Hal yang Diam-diam Dilakukan Karyawan Tanpa Sepengetahuan Atasan


    Dunia kerja itu gak lepas dari yang namanya drama. Baik itu drama antar karyawan, antara karyawan dengan kerjaannya masing-masing, maupun antara karyawan dengan Si Bos. Menariknya, justru kejadian-kejadian unik di kantor inilah yang bikin pengalaman kerja kantoran jadi lebih berwarna.


    Nah, buat loe-loe yang udah jadi pegawai kantoran untuk waktu yang cukup lama, loe pasti gak asing lagi dengan poin-poin yang mau gw bahas. Berikut ini 5 hal yang diam-diam dilakukan karyawan tanpa sepengetahuan Si Bos :

    -----------------------------------------------------------------------------------------

    STREAMING FILM

    Ketika Si Bos lagi sibuk di ruangannya dan kerjaan sendiri pun lagi santai, salah satu yang paling sering dilakukan karyawan adalah streaming film. Kalau loe lihat ada temen yang pakai headset sambil cekikikan depan komputer, bisa dipastikan dia lagi nonton film atau video di Youtube. Tapi begitu Si Bos manggil atau menghampiri dia ke mejanya, si karyawan pun langsung gerak cepat nge-close jendela browser-nya, kemudian berlagak sibuk.

    BROWSING LOWONGAN

    Namanya pegawai kantoran, jarang ada yang setia bertahun-tahun di satu perusahaan. Alasannya sih kalau memang ada kesempatan yang lebih bagus (apalagi yang gajinya lebih oke), kenapa nggak?

    Herannya, walaupun berisiko kegep sama atasan, tapi waktu senggang di kantor adalah waktu yang paling sering dipakai sama karyawan buat browsing-browsing lowongan. Entah itu lewat LinkedIn atau situs-situs lowongan kerja. Bahkan gak jarang nulis CV dan cover letter pun dilakuin di kantor!


    NGERJAIN SIDE JOB

    Biaya hidup yang terus naik kadang memaksa kita memutar otak untuk mendapatkan sumber penghasilan tambahan. Karena itu ada karyawan yang jalanin usaha sampingan, buka toko online, kerja freelance, dan sebagainya. Sayangnya gak semua perusahaan membebaskan karyawannya buat kerja sampingan. Alhasil, dia harus diam-diam ngerjain side job-nya di kantor supaya gak ketahuan Si Bos.

    GOSIPIN BOS

    Ngaku aja deh, pasti banyak di antara loe yang sering gosipin bos bareng temen-temen kantor. Baik itu sambil makan siang di luar kantor, atau ngumpul di meja kerja ketika bos lagi gak ada di ruangan. Saling berbagi cerita suka duka di kantor memang bisa jadi cara untuk melepas stres, karena kalau dipendam sendiri kan gak baik juga. Tapiii, hati-hati jangan sampai kebiasaan ini menjurus ke politik kantor yang kemudian merugikan loe sendiri.

    INTERVIEW KERJA

    Banyak yang bilang, cari kerja baru itu jangan dalam keadaan menganggur, karena nilai jual loe jadi menurun. Jadi ketika mengajukan resign pun loe sudah punya kerjaan yang menanti di tempat lain. Tapi ya risikonya loe harus diam-diam ikut seleksi tanpa sepengetahuan atasan di kantor sekarang. Izin sakit dan alasan lainnya pun terpaksa dipakai ketika loe mau menghadiri interview. Alternatif lainnya, mau gak mau pakai jatah cuti deh!
    ------------------------------------------------------------------------------------------------------------
    Kelima hal di atas tentu sudah bukan hal yang aneh lagi terjadi di tempat kerja. Tapi gw percaya masih banyak drama-drama di kantor lain yang diam-diam loe lakukan tanpa sepengetahuan bos.

    No comments:

    Post a Comment

    Sport

    Teknologi

    Travel