• Breaking News

    Sunday, January 8, 2017

    5 Film Crime Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata



    Crime atau biasa di sebut kriminal adalah segala sesuatu yang melanggar hukum atau sebuah tindak kejahatan. Pelaku kriminalitas disebut seorang kriminal. Biasanya yang dianggap kriminal adalah seorang pencuri, pembunuh, perampok, atau bahkan penipu. Tindakaan kriminal hampir terjadi setiap hari di kehidupan kita dari tindakan kriminal kecil, sampai tindakan kriminal yang besar.


    Beberapa aksi kriminal bahkan cukup menggemparkan hingga oleh para sineas di buat filmnya, nah kali ini, ane bakal merangkum 5 film bergenre crime terbaik yang diadaptasi dari kisah nyata. Siapa tahu bisa menjadi referensi agan untuk menghabiskan akhir pekan dengan menonton film-film ini, langsung aja Check this out :



    American Gangster (2007)

    Untuk film pertama datang dari sebuah film tentang kehidupan seorang Bos Mafia yang sangat terkenal di Amerika yaitu Frank Lucas. Frank Lucas adalah seorang kulit hitam yang terkenal menjadi sangat kaya karena metodenya yaitu memotong jalur percaloan narkotika (middlemen) dan mengimpor narkotika langsung dari daerah Segitiga Emas, di Vietnam, Thailand, dan Kamboja.

    Walaupun dalam film, Frank Lucas digambarkan menyelundupkan narkotika dalam peti mati mayat tentara Amerika Serikat, tetapi pada pengadilan Ike Atkinson hanya mengaku menyelundupkan narkotika dalam meubel furnitur dan bukan peti mati apalagi dalam tubuh mayat. Yang menarik adalah kenyataan bahwa negara Amerika Serikat memang punya banyak kepentingan dalam perang di Vietnam. Apakah itu kepentingan untuk cuci gudang persenjataannya sehingga memungkinkan pengadaan persenjataan baru, atau kepentingan pribadi oknum tentara Amerika yaitu menyelundupkan narkotika dari negara-negara Asia Tenggara ke Amerika Serikat

    Film ini sendiri menceritakan tentang kehidupan dari Frank Lucas ( Danzel Washington) yang sebelumnya hanya seorang supir pribadi, bodyguard, sekaligus debet collector dari seorang gangster bernama Bumpy Johnson. Tetapi setelah bosnya meninggal Frank berubah menjadi sosok bos sebuah gangster dan Bandar narkoba terbesar di Amerika.



    The Wolf of Wall Street (2013)


    Jordan Ross Belfort adalah seorang motivor sekaligus mantan pialang saham asal Amerika. Ia terkenal karena pernah melakukan penipuan terkait manipulasi pasar saham dan pengoperasian ruang pememasaran saham murah. Akibat tindakaanya tersebut dia harus masuk ke dalam penjara selama 22 bulan. Setelah terbebas dari penjara dia akhirnya menceritakan perjalanan hidupnya tersebut dalam sebuah memorial berjudul The Wolf of Wall Street. Dan bahkan di buat filmnya dengan judul yang sama dan di bintangi oleh seorang actor yang sangat terkenal yaitu Leonardo DiCaprio.


    Film nya sendiri menceritakan tentang kehidupan Jordan Belfort (Leonardo DiCaprio). Yang memilikii sebuah mimpi untuk memiliki sebuah perusahaan sukses, Belfort memulainya dengan menjual saham hingga korupsi diakhir tahun 80-an. Sukses dan kaya diawal usia dua puluhan sekaligus menjadi pendiri perusahaan broker Stratton Oakmont membuat Belfort diberi gelar The Wolf of Wall Street

    Uang. Kekuasaan. Wanita. Obat-obatan, menjadi godaan bagi Jordan dan tim nya, kerendahan hatinya dianggap sebagai sesuatu yang berlebihan dan uang melimpah tidaklah pernah cukup untuknya. 



    The Black Dahlia (2006)

    5 Januari 1947. Saat itu, di Taman Leimert, Los Angeles, ditemukan sebuah mayat yang dimutilasi menjadi 2 bagian. Tubuhnya kehabisan darah dan terdapat luka sobek di wajahnya, dari sudut mulut hingga telinga. Wanita yang ditemukan dalam posisi beku dengan tangan di atas kepala dan siku membungkuk ini lalu diketahui bernama Elizabet Short. Ini merupakan pembunuhan yang menarik perhatian begitu luas. Bahkan setelah 60 tahun berlalu, kasus ini secara resmi dianggap sebagai kasus yang tidak terpecahkan. Korbannya cuma satu orang, namun karakteristik pembunuhan ini begitu keji sehingga kasus ini mendapat tempat khusus di media. Kasus ini disebut pembunuhan Black Dahlia.


    Hingga pada tahun 2006 saking terkenalnya kasus ini akhirnya kasus ini di buat sebuah filmnya berjudul The Black Dahlia.

    Berbeda dengan film aslinya filmnya sendiri lebih menonjolkan tentang kehidupan dua orang polisi, Lee Blanchard (Aaron Eckhart) dan Bucky Bleichert (Josh Hartnett), yang terpanggil untuk menyelidiki pembunuhan bintang layar perak Betty Ann Short (Mia Kirshner), yang dibunuh secara keji dan mereka berusaha agar kasus ini tidak dipublikasikan

    Saat Blanchard menangani kasus pembunuhan yang menggemparkan tersebut, rumah tangganya bersama Kay (Scarlett Johansson) terancam, Bleichert jatuh cinta kepada Madeleine Linscott (Hilary Swank), putri salah satu keluarga terkemuka yang terkait dengan pembunuhan tersebut.


    American Hustle (2013)

    Walaupun nama-nama dan beberapa rincian film ini agak berbeda dengan kisah aslinya. Tetapi film ini sebenarnya merupakan salah satu film yang di angkat dari sebuah kisah nyata. Kisah aslinya sendiri terjadi sekitar akhir 70an tentang sebuah operasi yang bernama ABSCAM FBI. Abscam adalah operasi penyamaran di bawah pimpinan FBI yang bertujuan untuk menjerat pelaku kejahatan kerah putih, dan belakangan melebar untuk menjebak para koruptor politik. Operasi ini melibatkan agen FBI seperti John Good dan Anthony Amoroso yang bekerja sama dengan seorang penipu bernama Melvin Weinberg.

    Meski dibuat berdasarkan kisah skandal Abscam, David O. Russell membuat banyak perubahan pada naskah Singer sehingga film ini agak berbeda dengan kisah aslinya, filmnya sendiri menceritakan tentang kehidupan seorang penipu ulung, Irving Rosenfeld (Christian Bale) dan partner sekaligus kekasihnya Sydney Prosser (Amy Adams) yang dipaksa untuk bekerja sama dengan agen FBI yang bernama Richie DiMaso (Bradley Cooper) untuk menyelami sisi gelap kota New Jersey yang dipenuhi banyak mafia dan powerbrokers (orang-orang yang dibayar untuk mempengaruhi penduduk agar memberikan suara dalam pemilihan umum atau referendum kepada kliennya).

    Salah seorang politikus New Jersey, Carmen Polito (Jeremy Renner) terjebak di antara kedua pihak ini. Sementara istri Irving Rosenfeld, Rosalyn (Jennifer Lawrence) merupakan satu-satunya kunci yang bisa membongkar kejahatan yang dilakukan suaminya.


    Catch Me If You Can (2002)

    Frank William Abagnale, Jr (lahir 27 April 1948; umur 68 tahun) adalah seorang konsultan keamanan Amerika Serikat yang terkenal karena sejarah sebagai seorang ahli dalam memalsukan cek, memalsukan identitas dan melarikan diri. Ia menjadi terkenal pada tahun 1960 karena berhasil memalsukan cek senilai 2.5 juta US dollar di 26 negara selama lima tahun, dimulai ketika ia berusia 16 tahun.

    Dalam proses ini, dia mengaku telah menggunakan tidak kurang dari delapan identitas, berhasil meniru seorang pilot maskapai penerbangan, seorang dokter, seorang agen Biro Penjara dan pengacara. Ia melarikan diri dari tahanan polisi dua kali, semua terjadi sebelum dia berumur 21 tahun. Cerita hidup Abagnale ditulisnya dalam sebuah biografi dengan menggunakan namanya sendiri, dan diabadikan dalam sebuat film berjudul Catch Me if You Can, yang diperankan oleh Leonardo Dicaprio., dan Tom Hanks sebagai O’Riley atau Jow Shea. Abagnale dan Shea bersahabat hingga saat itu, dan menjalin hubungan baik hingga Shea meninggal dunia.
    Tidak berbeda dengan kisah aslinya filmnya pun menceritakan tentang kehidupan Frank Abigal yang berhasil melakukan berbagai penipuan dan penyamaran.Sampai ia harus di kejar-kejar oleh agen FBI bernama Jow Shea. Tetapi Shea selalu gagal untuk menangkap Abigal, ini berkat kecerdikan Abigail yang selalu bisa melarikan diri. 


    SUMBER : DISINI

    No comments:

    Post a Comment

    Sport

    Teknologi

    Travel