• Breaking News

    Monday, January 30, 2017

    Band-Band Indie Masa Kini Yang Wajib Masuk Playlist


    Indie atau Independent itu adalah sebutan buat bidang produksi non label. Indie lahir karna kemuakan para pelaku bidang (khususnya seni) terhadap tingkah Major Label yang terlalu mementingkan pasar tanpa percaya Idealisme. Walaupun disebut Independent, mereka tetap punya Management sendiri yang mengurus segala kebutuhan. Bidang-bidang terkait bisa Musik, Film, Dll. 
    Sekarang gue mau ngebahas Band-Band Indie Masa Kini Yang Wajib Masuk Playlist
    Check This Out..



    1. Payung Teduh


    Band asal Jakarta yang beranggotakan Alejandro Saksakame, Comi Aziz Kariko, Ivan Penwyn, dan Mohammad Istiqamah Djamad ini dulunya adalah pengiring theater di Universitas Indonesia. Singkat cerita pada tahun 2010 mereka resmi merilis lagu pertama mereka yang berjudul Angin Pujaan HujanResah, Untuk Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan, adalah sebagian kecil judul lagu mereka yang berhasil memikat pasar musik Indonesia



    2. Efek Rumah Kaca


    Efek Rumah Kaca adalah grup musik indie yang berasal dari Jakarta. Terdiri dari Cholil Mahmud (vokal utama, gitar), Adrian Yunan Faisal (vokal, bass, gitar), dan Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar). Mereka dikenal oleh para pecinta musik di Indonesia karena lagu-lagu mereka yang banyak menyentuh dan memotret keadaan sosial masyarakat di sekitar mereka pada semua tingkatan. Sampai sekarang, band ini sudah merilis tiga album studio, yaitu Efek Rumah Kaca (2007), Kamar Gelap (2008), dan Sinestesia (2015).



    3. Sore


    Sore atau Sore Ze band merupakan kelompok musik indie yang berasal dari Jakarta. Sore memiliki keunikan yaitu semua anggotanya bermain musik dengan kidal. Sampai saat ini Sore telah menghasilkan lima album studio dan beberapa kompilasi. Anggota Sore antara lain adalah Ade Firza Paloh (gitar, vokal), Awan Garnida (bass, vokal), Reza Dwi Putranto (gitar, vokal), Bemby Gusti Pramudya (drum, perkusi, vokal). Semua anggota Sore ambil bagian sebagai vokalis dalam setiap album-albumnya.




    4. Silampukau


    Silampukau adalah sebuah band folk dari Surabaya yang digawangi oleh Eki dan Kharis. Yang membedakan mereka dari band folk lainnya, adalah mayoritas lirik lagunya yang bercerita tentang kehidupan orang biasa di Surabaya. Frame yang diambil mulai dari penjual miras, anak-anak yang kehilangan tempat bermain bola, para perantau, THR Surabaya, hingga tentang bekas lokalisasi terbesar di Asia tenggara: Dolly.



    5. Whiteshoes & The Couples Company


    White Shoes & The Couples Company adalah sebuah band beraliran pop/ funk/ jazz dari Jakarta. Beberapa lagu mereka yang sukses dipasaran seperti Kisah Dari Selatan Jakarta, Senandung Maaf, Dll. Saat ini band tersebut terikat kontrak dengan independent label dari Jakarta, Aksara Records dan label independen dari Chicago, Minty Fresh



    6. Kelompok Penerbang Roket


    Grup musik asal Jakarta, Kelompok Penerbang Roket terbentuk pada akhir tahun 2011 dan pertama kali manggung pada November 2013. Band ini terdiri atas John Paul Patton (Bass/Lead Vocal), Rey Marshall (Guitar/Back Vocal) dan Igusti Vikranta (Drum/Backing Vocal).
    Secara genre mereka menggusung Rock dengan pengaruh musik Era 60-an dan 70-an seperti Black SabbathDuo KriboAka, MotorheadLed ZeppelinJimi Hendrix dan musisi lain pada era tersebut. Single pertama yang telah dirilis berjudul “Mati Muda” pada bulan april laku di LP Narkotik Kelas 2 Cipinang.




    Indie khususnya di musik udah ada sejak lama, dan sampai sekarang jumlah pelaku musik nya juga sangat banyak. Karna sifat Idealisme dalam bermusik yang mereka tampilin, sehingga lahir lah banyak sekali band dengan warna musik yang beraneka ragam. Walaupun gue gak sempet sebut satu-satu, tapi Band-band kayak Endah & Rhesa, Float, Mocca, Sisitipsi, Dll juga gak kalah kerennya. Btw gue gak bilang Band-band Major Label gak ada yang bagus. Syukurnya Kenaikan Band-Band indie ke pasaran selaras dengan Perkembangan kualitas Musisi-Musisi Major Label. Kalo ada yang tau lebih soal Indie bisa Share juga, biar kita sama sama belajar

    No comments:

    Post a Comment

    Sport

    Teknologi

    Travel