• Breaking News

    Monday, January 16, 2017

    Ojos del Salado, Gunung Api Tertinggi di Muka Bumi

    Kalau bicara soal gunung tertinggi di dunia, ane yakin agan pasti merujuk ke gunung Everest sebagai titik puncak tertinggi dari permukaan laut.
    Tapi kalau soal gunung api tertinggi? Apa agan tau siapa juaranya?

    Dia adalah Ojos del Salado gan!


    Gunung Ojos del Salado merupakan gunung stratovolcano atau gunung api dengan ciri tinggi mengerucut, terdiri atas lava dan abu vulkanik yang mengeras. Dengan tinggi 6.893 mdpl menempatkannya sebagai gunung api aktif tertinggi di dunia. Gunung ini juga menjadi gunung tertinggi kedua di belahan bumi bagian barat dan selatan. Tak hanya itu, Ojos del Salado memiliki danau kawah tertinggi di dunia yang berada di sisi timur setinggi 6.390 mdpl.


    Gunung yang juga dikenal sebagai Nevado Ojos del Salado (artinya sumber air dari sungai asin) ini terletak di perbatasan Argentina dan Chile. Gunung yang masuk ke dalam pegunungan Andes ini juga menjadi titik tertinggi kedua di Amerika Selatan. Ojos del Salado memiliki dua puncak dimana yang tertinggi masuk ke dalam wilayah Chile. Karena aktivitas vulkanisnya yang tergolong baru, gunung api ini diklasifikasikan sebagai neovolcano dan hanya sedikit aktivitas vulkanis di puncak. Letusan eksplosif terbesarnya terjadi sekitar 1000-1500 tahun lalu dan mengasilkan aliran pikoklastik. Aktivitas yang cukup berarti terjadi pada tahun 1993 terdapat emisi abu minor.


    Kondisi di gunung cenderung sangat kering karena pengaruh kedekatannya dengan Gurun Atacama. Akan tetapi salju tetap bisa turun kapan saja dan di siang hari puncak cukup berangin.

    Ojos del Salado populer untuk dicapai dengan menggunakan kendaraan darat. Walaupun gak sampai di titik tertinggi, tapi selalu ada upaya pemecahan rekor pendakian menggunakan kendaraan baik untuk roda empat maupun roda dua gan.


    Ini video pemecahan rekor dunia menggunakan sepeda motor untuk mencapai altitude tertinggi oleh Husaberg Adventure Team. Dia berusaha mencapai ketinggian 6361 mdpl di tahun 2012 lalu.


    Kalo ini ekspedisinya Kaspersky gan


    Bulan terbaik untuk mengunjungi Ojos del Salado antara November-Maret


    Beda ketinggian 2 puncak Ojos del Salado kurang dari 1 meter gan!

    No comments:

    Post a Comment

    Sport

    Teknologi

    Travel