• Breaking News

    Tuesday, January 17, 2017

    10 Game Paling Revolusioner Sepanjang Masa (Gamer Sejati Wajib Masuk)

    20 tahun yang lalu, tak banyak orang yang menyangka bahwa perkembangan video game akan begitu pesat seperti sekarang. Yang awalnya hanya mengandalkan titik dan garis di dalam layar, lalu mengandalkan pixel-pixel yang berusaha menyerupai manusia, kini video game sudah dapat menyajikan gambar yang begitu memukau. Bukan saja dari segi gambar, tapi dari segi gameplay pun sudah ribuan langkah lebih maju. Namun dalam perjalanan itu, tentunya ada titik demi titik momen yang menjadi batu pijakan untuk melangkah ke level yang lebih tinggi. Untuk menghormati perkembangan itu, berikut ane sajikan 10 game yang menjadi batu pijakan bagi perkembangan video game di seluruh dunia.


    TENNIS FOR TWO
    video game pertama di dunia


    "Tennis For Two" adalah game super sederhana yang diciptakan oleh seorang fisikawan bernama William Higinbotham pada tahun 1958. Game multiplayer ini disebut-sebut sebagai video game pertama di dunia. Walau sangat sederhana, tapi game ini menjadi inspirasi bagi terlahirnya game-game generasi awal seperti "Pong", "Space Invaders", "Pac-Man", dan game-game klasik Atari lainnya yang menjadi tonggak awal terbentuknya industri video game di muka bumi.


    GALAXIAN
    game full-color pertama di dunia


    "Galaxian" adalah game yang dirilis oleh Namco pada tahun 1974. Game ini adalah game full-color pertama di dunia. Tak heran jika pada saat itu, game ini langsung booming dan laris manis di pasaran. Sebelum ada game ini, kebanyakan video game memiliki tampilan tanpa berwarna (hitam-putih). Kalaupun ada yang berwarna, itu hanya layarnya saja yang menggunakan pelapis kaca satu warna sehingga game hitam-putih menjadi seolah-olah berwarna padahal tidak. Barulah pada tahun 1979, lahir video game yang memiliki tampilan berwarna yakni "Galaxian".


    SPACE RACE
    game racing pertama di dunia


    Game racing atau game balap yang paling kita kenal mungkin adalah "Gran Turismo" atau "Need For Speed". Namun sebelum adanya itu semua, game racing pertama adalah "Space Race" yang diciptakan oleh Atari pada tahun 1973. Game racing ini berbeda sekali dengan game racing yang kita temui sekarang. Game ini sama sekali tidak mengandalkan efek perpindahan kamera yang menyerupai sebuah sirkuit panjang melainkan hanya bertumpu pada tampilan statis dan titik-titik serupa asteroid yang menjadi rintangan.


    PITFALL
    game 2D adventure pertama di dunia


    Game 2D adventure atau game side scrolling adalah game dengan tampilan 2D yang memanfaatkan pergeseran background secara horisontal untuk membuat kesan perpindahan tempat. Game jenis ini yang paling terkenal antara lain "Mario Bros" dan "Contra". Namun sebenrnya, game pertama yang memakai format ini adalah "Pitfall" yang dirilis pada tahun 1982, 3 tahun sebelum kelahiran "Mario Bros".


    WIZARDRY
    game RPG pertama di dunia


    Kalau agan suka main "Final Fantasy" atau game RPG lainnya, agan udah seharusnya mengenal "Wizardry", nenek moyang dari semua RPG di dunia. Game ini diciptakan oleh Bandai pada tahun 1980 untuk konsol Nintendo. Game ini pun menjadi hits pada masanya dan menginspirasi lahirnya game-game sejenis hingga saat ini dengan berbagai macam inovasi yang lebih baru dan lebih canggih lagi.


    HEAVYWEIGHT CHAMP
    game fighting pertama di dunia


    Bukan "Street Fighter" atau "Mortal Kombat", ternyata game fighting pertama di dunia adalah "Heavyweight Champ" yang dirilis pada tahun 1976. Game fighting yang bisa dimainkan oleh 2 pemain ini menyajikan tampilan dan gameplay yang amat sangat sederhana, bahkan bisa dibilang sangat jelek untuk masa sekarang. Tapi game inilah yang menjadi inspirasi bagi game-game sejenis yang lahir sesudahnya. Tanpa ada game ini, tak akan ada game fighting di masa depan.


    LITTLE COMPUTER PEOPLE
    game life simulation pertama di dunia


    Kalau agan suka main "The Sims" atau game berjenis life simulation lainnya, agan udah seharusnya mengenal "Little Computer People" yang merupakan game berjenis life simulation pertama di dunia. Game ini diciptakan oleh Activision pada tahun 1985 dengan gameplay yang sangat mirip dengan "The Sims", hanya saja dengan tampilan 2D yang amat sederhana dan fitur-fitur yang jauh lebih terbatas.


    3D MONSTER MAZE
    game 3D pertama di dunia

    Hampir semua game yang kita mainkan saat ini memiliki tampilan dengan format 3D dimana karakter bisa bergerak ke 6 sisi, bukan saja ke atas-bawah-kiri-kanan seperti "Mario Bros", tapi juga bisa bergerak ke dalam dan ke luar. Jika agan beranggapan bahwa game "Minecraft" adalah game 3D dengan tampilan yang amat sederhana, agan harus tahu bahwa game 3D pertama ternyata memiliki tampilan yang jauh lebih sederhana. Game tersebut adalah "3D Monster Maze" yang dirilis pada tahun 1981. Dalam game ini, pemain harus berkeliling di dalam sebuah labirin selama mungkin tanpa tertangkap oleh monster. Mirip game "Pac-Man", namun dengan tampilan 3D.


    WOLFENSTEIN 3D
    game FPS pertama di dunia


    Jika agan adalah penggemar game-game FPS seperti "Counter Strike", "Team Fortress", "Call of Duty", dan lain sebagainya, maka agan harus berterimakasih pada game "Wolfenstein 3D" yang dirilis pada tahun 1992 . Karena berkat game itulah, lahir yang namanya game FPS. "Wolfenstein 3D" adalah game FPS pertama di muka bumi yang menginspirasi game-game FPS sesudahnya sampai dengan detik ini. Tanpa ada "Wolfenstein 3D", maka tak akan ada yang namanya game FPS.


    MERCENARY
    game open world pertama di dunia


    Bukan, bukan "Harvest Moon" atau "GTA". Ternyata "Mercenary" adalah game pertama yang menyediakan fitur open world dimana pemain bebas menggerakkan karakter untuk melakukan apapun dan pergi kemanapun dalam permainan. Walau ada misi utama, tapi pemain bebas memilih untuk menjalankan misi tersebut atau mengabaikannya dan memainkan permainan tanpa akhir. Game yang dirilis tahun 1985 ini pun menjadi inspirasi bagi lahirnya game-game open world masa kini.

    No comments:

    Post a Comment

    Sport

    Teknologi

    Travel